Shaum Yang Tidak Sekedar Menahan Lapar Saja

sahabat rumah kurma sahara, Kita sudah berada di bulan Romadhon. Bulan yang penuh dengan kemuliaan dan keberkahan. Pertemuan kembali dengan bulan Romadhon adalah karunia dari Alloh yang wajib disyukuri. Karena betapa banyak orang yang berharap masih memiliki kesempatan usia untuk berjumpa lagi dengannya dan menikmati jamuan Alloh Swt. di bulan yang penuh keberkahan ini.

Saudaraku, shaum yang kita lakukan di bulan Romadhon haruslah dilakukan dengan misi qolbun salim atau keselamatan hati. Shaum yang sekedar menahan lapar dan dahaga semata atau shaum perut tentu tidaklah asing bagi kita karena sudah sering kita lakukan, mungkin sejak kita kecil. Akan jauh lebih baik dan lebih bernilai jikalau shaum yang kita lakukan disertai dengan shaum mata (penglihatan), shaum telinga (pendengaran), shaum mulut (lisan), shaum pikiran, shaum keinginan dan shaum hati.

Mengapa? Karena shaum yang dikehendaki oleh Alloh Swt. adalah shaum yang menyeluruh, mengendalikan hawa nafsu yang tercermin pada terkendalinya aspek-aspek tersebut tadi. Sehingga diharapkan setiap hamba yang menunaikan ibadah shaum Romadhon bisa mencapai derajat ketakwaan.

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : aagym

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *