Shaum Keinginan

sahabat rumah kurma sahara. hal lain yang perlu kita kendalikan di bulan Romadhon ini adalah keinginan. Tidak perlu kita banyak keinginan pada bulan yang mulia ini, kecuali keinginan untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang disukai Alloh saja. Tidak usah kita banyak keinginan untuk mendapatkan sesuatu, kecuali hanya yang Alloh ridhoi saja. Redam kuat-kuat keinginan untuk membeli banyak makanan, membeli baju baru, sepatu baru, jikalau semua itu di luar keperluan kita.

Hal yang menjadi fenomena di tengah-tengah masyarakat kita adalah pada bulan yang secara logika tingkat konsumsi kita menurun, pada kenyataannya tingkat pembelian kita meningkat. Padahal bulan Romadhon adalah bulan pengendalian diri terhadap konsumsi makanan dan minuman.

Tentu saja bukan berarti kita dilarang untuk berbelanja. Akan tetapi jika yang kita lakukan itu berlebihan, melebihi keperluan kita, apalagi jikalau melampaui kemampuan kita yang sebenarnya, maka ini termasuk pemborosan (tabdzir). Padahal Alloh Swt. tidak menyukai orang yang bersikap boros.

Alloh Swt. berfirman, “Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan, dan syaitan itu sangat ingkar terhadap Tuhan-nya.” (QS. Al Isro [17] : 27)

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : aagym

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *