Tidak Boleh Kita Membenci Orang Lain Hanya Karena Berbeda Suku Semata

manusia dari etnis Sunda, Jawa, Bugis, Arab, Tionghoa, dan lain sebagainya di muka bumi adalah sama. Sama apanya? Sama-sama ciptaan Alloh Swt. Sama-sama hal yang bukan pilihan. Kita tidak bisa memesan lahir dari etnis apa, wana kulit apa, keluarga apa, warga negara apa. Semua ini semata-mata adalah pilihan Alloh Yang Maha Bijaksana.

Alloh Swt. berfirman, “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Alloh ialah orang yang paling taqwa di antara kamu. Sesungguhnya Alloh Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS. Al Hujurot [49] : 13)

Tidak boleh kita membenci orang lain hanya karena berbeda suku semata. Tidak boleh kita menyakiti orang lain hanya karena berbeda etnis. Pernah terjadi tragedi di antara kita di mana sebagian orang menyakiti sebagian orang yang lain karena alasan berbeda suku/etnis. Padahal kita menyadari bahwa kita tidak pernah bisa memesan untuk dilahirkan dari suku tertentu.

Jangan pernah merasa lebih mulia, lebih tinggi, lebih unggul dari orang lain hanya karena perbedaan suku bangsa. Karena Alloh Swt. telah menjelaskan dengan sangat terang-benderang bahwa yang paling baik, yang paling mulia, yang paling tinggi derajatnya di hadapan Alloh adalah yang paling takwa.

Perbedaan-perbedaan yang sudah ditakdirkan Alloh Swt. itu adalah sarana bagi kita untuk saling mengenal dan saling menemukan betapa besarnya tanda-tanda keagungan Alloh Swt. Manusia saja diciptakan beranekarupa, belum makhluk Alloh lainnya. Melihat perbedaan-perbedaan tersebut semestinya membuat kita semakin mengenal Alloh dan semakin dekat dengan-Nya. Yakin bahwa tiada pernah ada yang bisa menciptakan ciptaan-ciptaan sehebat ini kecuali Alloh Swt.

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : aagym

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *