Sombong Adalah Menolak Kebenaran Dan Merendahkan Orang Lain

begitu banyak orang yang sibuk memperbaiki dirinya. Sibuk untuk tidak mengulangi perbuatan buruk dan sia-sia, serta sibuk memperbanyak amal kebaikan. Akantetapi, masih ada saja sebagian yang lain yang malah sibuk membangun penghalang dari perbaikan diri dengan cara membuat berbagai macam alasan.

Orang semacam ini sibuk mencari alasan, kemudian ia bersembunyi dibaliknya sehingga makin lama ia memperbaiki dirinya. Biasanya orang yang begini disebabkan ada penyakit malas di dalam hatinya. Orang yang semacam ini juga biasanya sibuk menyalahkan orang lain, ketimbang mendahulukan mengevaluasi dirinya sendiri.

Orang semacam ini jika diberi masukan, kritikan atau evaluasi, akan sibuk ‘menyerang’ balik, bukan sibuk memeriksa apakah penilaian orang lain itu benar adanya. Sehingga belum sempat ia memeriksa dan memperbaiki diri, malah semakin memperkeruh dirinya sendiri dengan keangkuhan. Siapapun yang memberi masukan kepadanya, malah akan ia cibir dan gunjingkan.

Tanpa terasa hatinya diberangus dengan penyakit sombong. Rosululloh Saw. bersabda, “Sombong adalah menolak kebenaran dan merendahkan orang lain.” (HR. Muslim)

Tidak hanya itu, orang yang gemar bersembunyi di balik alasan juga sedapat mungkin akan mencari-cari keburukan orang yang mengkritiknya. Lalu ia sebar-sebarkan keburukan itu, ia jatuh pada perbuatan ghibah bahkan hingga fitnah. Padahal apa perlunya ia melakukan itu? Bukankah yang terpenting adalah memperbaiki diri, toh setiap orang pasti memiliki kekurangan.

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : aagym

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *