Setiap Kejadian Adalah Sarana Untuk Kita Belajar Dan Belajar Lagi

Kita yakin bahwa segala kejadian di dunia ini, baik yang besar maupun yang paling kecil sekalipun, tidak ada yang sia-sia. Semua terjadi atas izin Alloh Swt., dan setiap yang Alloh kehendaki pasti mengandung hikmah yang bisa kita jadikan pelajaran.

Alloh Swt. berfirman, “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. (yaitu) orang-orang yang mengingat Alloh sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS. Ali ‘Imron [3] : 190-191)

Saat berjumpa dengan orang yang sopan, sikapnya terpelihara, tutur katanya terjaga, tulus dan apa adanya tanpa dibuat-buat. Maka, tafakuri dan renungkan bahwa Alloh Yang Maha Memberi Petunjuk sedang mengingatkan kita untuk memeriksa diri apakah kita pun sudah memiliki sikap yang sopan dan tutur kata yang baik.

Sungguh, setiap kejadian adalah sarana untuk kita belajar dan belajar lagi. Semakin memperbaiki diri dari hari kehari. Dalam ayat di atas Alloh telah menerangkan kepada kita bahwa sesungguhnya orang berakal adalah orang yang senantiasa mengambil pelajaran dari setiap kejadian. Semoga kita termasuk orang-orang yang terampil menafakuri setiap kejadian dan mengambil pelajaran.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : aagym