Yang Merusak Dakwah

2016-11-13_16-08-21

memulai perubahan dari diri sendiri adalah kunci. Karena kesenjangan antara apa yang kita sampaikan/dakwahkan dengan kelakukan kita sendiri inilah sebetulnya yang bisa merusak dakwah kita. Berbicara kebenaran itu mudah, tapi mengamalkan kebenaran itu tidak semudah berbicara. Alangkah elok jika setiap yang kita sampaikan, itu juga sudah kita lakukan atau sedang kita usahakan untuk kita lakukan.

Alloh Swt. berfirman, “Amat besar kebencian di sisi Alloh bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.” (QS. Ash Shof [61] : 3)

Dakwah yang kita lakukan bisa rusak justru oleh diri kita sendiri, yaitu manakala perbuatan kita tidak sejalan dengan yang kita sampaikan. Pertama, Alloh tidak ridho melihat hal yang demikian. Sesungguhnya Alloh Maha Mengetahui niat yang terbersit dalam hati kita saat kita berdakwah. Kedua, orang yang kita dakwahi pun akan mengetahui bagaimana kesenjangan antara dakwah dengan akhlak kita. Sedangkan apa yang kita perbuat pasti akan kembali pada kita.

Oleh karena itu, dakwah yang bertujuan pada perubahan dan perbaikan mestilah diawali dari diri kita sendiri, sejak urusan-urusan yang kecil dan tanpa ditunda-tunda, mulai sesegera mungkin. Semoga kita termasuk bagian dari barisan mujahid dakwah yang diridhoi Alloh, dan bukan bagian dari orang-orang yang justru merusak jalan dakwah.

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : aagym

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *