Rindu Pemimpin Yang Amanah

2016-11-24_5-47-37

jauh sebelum nabi Muhammad Saw. diangkat sebagai seorang rasul, bahkan ketika itu beliau masih sangat belia, beliau sudah sangat dikenal di tengah masyarakatnya sebagai Al Amin, artinya orang yang amanah atau bisa dipercaya. Gelar dari masyarakat Quraisy itu tiada lain disebabkan kejujuran dan sikap tanggungjawab yang dimiliki nabi Muhammad Saw.

Inilah yang menjadi alasan kaum Quraisy kala itu memberikan kepercayaan kepada nabi Muhammad Saw. untuk menjadi penengah dan pemberi jalan keluar bagi mereka yang sedang berselisih dalam pemindahan Hajar Aswad.

Al Amin artinya orang yang amanah, bisa dipercaya, dan bertanggungjawab. Inilah yang diteladankan oleh nabi Muhammad Saw. Amanah adalah hal yang sangat mendasar yang penting dimiliki seorang pemimpin.

Siapapun yang menjadi pemimpin hendaklah bertanya, “Apakah saya dipercaya atau tidak oleh orang yang saya pimpin?” Jika banyak orang yang merasa ragu tentang keamanahan kita, maka sesungguhnya itu tanda layak dan tidaknya kita memimpin mereka. Apalagi keraguan mereka pun menjadi tanda ridha atau tidaknya mereka dipimpin oleh kita.

Pemimpin yang amanah adalah pemimpin yang menjadi kuburan bagi aib orang lain, bukan yang sering membeberkan kekurangan orang yang dipimpinnya. Atasan yang baik adalah atasan yang tidak gemar membuka-buka kekurangan karyawannya.

Pemimpin yang amanah adalah pemimpin yang setiap kali mengucapkan janji, maka ia berusaha sekuat tenaga memenuhinya. Sekuat tenaga ia menjaga harta kekayaan yang dititipkan di bawah kepemimpinanya. Sekuat tenaga ia jauhi bujukan untuk korupsi dan manipulasi.

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : aagym

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *