Manfaat Sarapan Di Pagi Hari

2016-11-24_6-38-28

sering melewatkan sarapan pagi? Hati-hati lho, akibatnya bisa macam-macam.

1.      Menstabilkan gula darah

Satu jam sebelum aktivitas pekerjaan dimulai, kadar gula darah dalam tubuh mulai menurun. Oleh karena itu, untuk mencegah hal tersebut, diperlukan nutrisi yang diperoleh dari sarapan pagi.

2.      Menjaga tubuh  agar tidak terlalu lama mendapatkan asupan makanan sehingga gula darah mulai tidak terkontrol

Kebanyakan orang akan mengisi perut dengan makanan selingan pada jam 10 pagi. Maka jika kita sarapan sebelum jam 9, gula darah akan lebih stabil karena terhindar dari lonjakan gula darah yang drastis.

3.       Menekan Makan Berlebih

Dengan sarapan di bawah jam 9 pagi, tubuh kita akan terhindar dari keinginan ngemil sebelum jam makan siang.

4.       Mengurangi Lemak Perut

Sarapan pagi akan mencegah tubuh kita dari rasa lapar sehingga menekan keinginan untuk ngemil. Jika kita sering melewatkan sarapan, maka keingin untuk ngemil biasanya lebih tinggi. Hal ini akan memicu timbulnya lemak-lemak yang tidak diinginkan di perut.

5.       Mencegah penyakit Maag

Perut yang kosong sebelum beraktivitas akan membuat kerja lambung meningkat. Hal ini membuat asam lambung naik dan menimbulkan penyakit maag.

6.       Mencegah diabetes

Dengan makan pagi di bawah jam 9, tubuh akan menstabilkan gula darah hingga waktu makan siang. Jika tubuh dibiarkan kosong sekian lama, kemudian diberi asupan makan berat di atas jam 9, hal ini akan memicu naiknya gula darah yang tinggi sehingga memicu timbulnya penyakit diabetes.

7.       Tubuh kita juga memerlukan energi yang cukup sebelum melakukan aktivitas

Bukan rahasia lagi jika beraktivitas sekecil apa pun membutuhkan tenaga. Hal ini membutuhkan asupan energi yang cukup serta waktu makan yang pas.

8.       Dapat meningkatkan daya pikir

Sarapan sebelum memulai aktivitas dapat meningkatkan kinerja otak menjadi lebih maksimal. Bahkan anak-anak yang terbiasa sarapan sebelum jam 9 memiliki daya pikir yang lebih tinggi dibanding anak yang biasa melewatkan

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : ummi-online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *