Manfaat Memaafkan Untuk Kesehatan Tubuh

2016-10-25_6-13-27

Tahukah Anda, jika memaafkan seseorang yang melakukan kesalahan terhadap kita dapat menghindarkan tubuh kita dari berbagai penyakit tubuh? Begini penjelasannya:

1. Mengurangi stres
Ketika menyimpan amarah dan rasa dendam akan membuat tegangan pada otot-otot tubuh, peningkatan tekanan darah dan lebih berkeringat akibat peningkatan metabolisme tubuh.

2. Jantung lebih sehat

Penelitian menunjukkan ketika seseorang memaafkan sebuah pengkhianatan akan membuat tekanan darah, denyut jantung dan kerja jantung menjadi lebih baik sehingga jantung akan lebih sehat.

3. Tercipta relasi hubungan yang lebih kokoh
Seorang wanita yang pemaaf terhadap pasangannya akan lebih baik bersikap terhadap pasangannya sehingga mudah menyelesaikan konflik dengan efektif.

4. Mengurangi rasa nyeri atau sakit
Penelitian pada penderita nyeri pinggang menunjukkan ketika penderita diajak untuk meditasi berfokus pada pengampunan membiarkan rasa marahnya menguap pergi menghasilkan lebih berkurang rasa sakit dan ketakutannya dibanding kelompok penderita yang hanya menerima pengobatan rutin.
Efek selanjutnya akan membuat kita lebih jarang membutuhkan obat.

5. Lebih bahagia

Berdamai pada diri dengan memberi maaf dan pengampunan terhadap orang lain akan memberikan kebahagiaan terhadap diri sendiri. Penelitian menunjukkan ketika seseorang membicarakan tentang pengampunan selama sesi psikoterapi ternyata lebih cepat pulih daripada yang tidak.

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : islampos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *