Ilmu Yang Memberikan Cahaya

2016-11-07_6-35-18

apa yang harus kita lakukan agar ilmu bermanfaat ? Bagaimanakah agar ilmu dapat menjadi penerang kehidupan? Dalam kitab Al Hikam, Syaikh Ibnu Atho’illah menuliskan, “Ilmu yang berguna (bermanfaat) itu ialah ilmu yang dapat menjadikan orang mengenal Alloh beserta sifat dan asma-Nya.”

Alloh Swt. berfirman di dalam Al Quran, “..Sesungguhnya yang takut kepada Alloh di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama. Sesungguhnya Alloh Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” (QS. Faathir [35] : 28)

Para ahli tafsir menerangkan bahwa yang dimaksud dengan “ulama” pada ayat ini adalah orang-orang yang menyibukkan dirinya pada aktifitas belajar dan menuntut ilmu kapanpun dan dimanapun. Kemudian, bertekad mengamalkan ilmunya itu, serta menyampaikan dan mengajarkannya sehingga manfaat dari ilmu tersebut menjadi lebih banyak dan lebih luas. Inilah yang disebut dengan keberkahan ilmu

ketahuilah untuk benar-benar merasa takut kepada Alloh, untuk mencapai derajat ma’rifat dan dekat dengan-Nya, seseorang tidak selalu harus berilmu banyak. Karena setiap orang berbeda-beda kadar kemampuannya. Maka, tidak usah merasa rendah diri dengan ilmu yang sedikit. Ada orang yang dengan sedikit ilmunya, ia mentafakurinya secara dalam sehingga ia sampai kepada keyakinan yang kuat kepada Alloh Swt.

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : aagym

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *