Ikhtiar Bagian Dari Ibadah

2016-11-07_6-24-47

ketika kita bekerja, ikhtiar mencari nafkah untuk menghidupi keluarga kita. Ketika ikhtiar kita berhasil dan kitapun bisa pulang dengan membawa rezeki, maka hakikatnya rezeki tersebut bukan karena kerja kita, melainkan karena Alloh Yang Maha Memberi Rezeki.

Saudaraku, ikhtiar kita adalah ibadah kita kepada Alloh Swt. Kita menjemput karunia Alloh dengan ibadah terbaik kita, dengan ikhtiar terbaik yang bisa kita lakukan. Ikhtiar yang dilakukan dengan segenap rasa yakin bahwa Alloh Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ikhtiar yang diiringi dengan segenap kejujuran, keikhlasan dan keyakinan bahwa Alloh Maha Menyaksikan.

Imam Ahmad pernah ditanya tentang seorang laki-laki yang hanya duduk-duduk di rumahnya atau di masjid seraya berkata, “Aku tidak mau bekerja sedikitpun, sampai rezekiku datang sendiri kepadaku”. Maka beliau berkomentar, “Ia adalah laki-laki yang tidak mengenal ilmu. Sungguh Nabi Saw. telah bersabda, ‘Sesungguhnya Alloh telah menjadikan rezekiku dalam bayang-bayang tombak perangku (ghonimah)’. Dan beliau juga bersabda, ‘Sekiranya kalian bertawakkal kepada Alloh dengan sebenar-benarnya, niscaya Alloh memberimu rezeki sebagaimana yang diberikan-Nya kepada burung-burung. Mereka pergi pagi-pagi dalam keadaan lapar dan pulang sore hari dalam keadaan kenyang.’ (HR.Tirmidzi).

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : smstauhiid

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *