Dampak Buruk Ketika Banyak Tidur

2016-11-24_6-27-17

Tidur menjadi kebutuhan pokok manusia. Kurang tidur bisa membuat siklus hidup terganggu, mengantuk, dan kehilangan fokus. Hal ini tidak menjadi pembenaran untuk waktu tidur yang panjang juga.

1.  Sakit kepala

Salah satu akibat yang sering dirasakan ketika seseorang kebanyakan tidur ialah sakit kepala. Hal ini disebabkan neurotransmitter dalam otak terganggu akibat jam tidur yang panjang sehingga menyebabkan sakit kepala.

2.  Merusak otak

Kekurangan atau kelebihan tidur mengakibatkan terjadinya penuaan otak 7 tahun lebih cepat. Selain itu, wanita berusia 45 tahun ke atas yang mempunyai jam tidur lebih dari 9 jam akan mengalami penuaan otak 2 tahun lebih cepat. Hal ini akan membuat kita kesulitan menerima dan menyerap informasi yang ada di sekitar.

3.  Sakit punggung

Tidur membuat tubuh bertumpu pada bagian punggung dan mengalami sedikit pergerakan. Tekanan yang terlalu lama ini akan memicu sakit punggung kronis dan berkepanjangan sehingga menganggu aktivitas kita sehari-hari.

4.  Memengaruhi kesuburan

sebagai wanita kita harus berhati-hati jika terbiasa tidur terlalu lama. Kebanyakan tidur dapat memengaruhi siklus menstruasi, hormone, dan ritme sikardian. Hal ini dapat memicu terganggunya kesuburan sel telur dalam tubuh.

5.  Diabetes

Terlalu banyak tidur dapat mengacaukan sistem metabolisme tubuh sehingga produksi insulin terganggu dan menyebabkan gula darah tidak terkontrol. Gula darah yang tidak terkontrol dapat menjadi pemicu utama penyakit diabetes. Bahkan orang yang tidur lebih dari 9 jam per hari berisiko 50% lebih tinggi menderiat diabetes.

Jadi jika  merasa lelah atau mengantuk, boleh tidur tapi jangan kebablasan ya . Hal ini memiliki dampak yang sangat besar untuk kesehatan kita.

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : ummi-online

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *