Bersyukur Ketika Dalam Kesusahan

2016-11-11_6-24-24

sangat mudah bagi kita untuk bersyukur saat senang atau bahagia. Apakah jadi mudah bagi kita untuk bersyukur dalam keadaan susah. Seperti saat kita ditimpa musibah, saat usaha kita tidak menguntungkan, saat apa yang kita inginkan atau harapkan tidak tercapai, masih ingatkah kita untuk bersyukur pada saat itu?

Pada dasarnya saat terjadi musibah atau kesusahan kita telah diingatkan oleh Allah dalam firman-Nya Surat Al-Baqarah ayat 156 yang artinya, “yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah mereka berkata inna lillahi wa inna ilaihi raji’un sesungguhnya kami milik Allah Dan kepada-Nyalah kami kembali”.

Oleh karena itu apa yang telah kita raih dan apa yang telah kita miliki sekarang adalah milik Allah, maka dengan segala kuasa-Nya, Allah bisa mengambil kapan saja tanpa ada peringatan apa pun untuk kita.

Tapi Allah juga berfirman dalam Surat Al-Baqarah ayat 153 yang artinya, “wahai orang-orang yang beriman mohonkanlah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat. Sungguh Allah beserta orang-orang yang sabar” dan dalam Surat Al-Baqarah ayat 286 yang berarti “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.”

dari dua firman di atas hendaknya kita memahami bahwa Allah memberikan kemudahan atau kesusahan kepada kita sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, dengan demikian kita tidak dianjurkan berputus asa dalam menghadapi kesusahan. Karena Allah berjanji dalam firman-Nya Surat Al – Insyirah ayat 5 dan 6 yang berarti “sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan” Maka tetaplah bersabar dan berikhtiar sebaik-baiknya walaupun kita belum menemukan solusi yang terbaik untuk kesusahan yang dihadapi.

Selain itu juga kita harus bersabar dan memohon pertolongan kepada Allah dengan shalat. Bermunajatlah dalam setiap sujud yang kita lakukan, rendahkanlah diri dan hati kita serta yakinlah bahwa kita mampu menghadapinya. Hal tersebut dapat membuat hati kita lebih tenang dan lapang untuk menerima apa yang telah terjadi.

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : ummi-online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *