Belajar Dari Ibnu Abbas RA Tentang Akhlaq

 

2016-11-22_5-47-28

Pada suatu ketika Rasulullah SAW. sedang mendirikan shalat sunnah dan Ibnu Abbas RA. mengikutinya di belakang. Lalu, Nabi SAW. menarik tangannya sehingga ia berdiri tepat di samping kanan Rasulullah SAW. Sebagaimana tata cara shalat berjemaah dengan satu makmum: posisi makmum tepat berada sejajar disamping kanan imam. Akan tetapi, Ibnu Abbas RA. malah kembali mundur ke belakang dan shalat di belakang beliau.

Seusai shalat, Rasulullah SAW. bertanya kepada Ibnu Abbas RA., “Mengapa kamu mundur ke belakang?”

Ibnu Abbas RA. menjawab, “Wahai Rasulullah, engkau adalah pesuruh Allah, bagaimana saya dapat berdiri sejajar denganmu?”

Mendengar jawaban tersebut, Rasulullah mendoakannya agar ditambahkan ilmu dan kepahaman agama kepadanya.
Ibnu Abbas RA. sangat menghormati kedudukan Rasulullah SAW. sehingga ia melayani beliau dengan sepenuh hati.

Keutamaan seorang murid yang menghormati gurunya dianjurkan oleh Rasulullah SAW, sebagaimana sabda beliau, “Bukanlah termasuk golongan kami orang yang tidak menghormati orang yang tua, tidak menyayangi yang muda, dan tidak mengerti hak ulama kami.” (HR Ahmad dan Hakim)

Imam Nawawi RA. berkata, “Hendaklah seorang murid memperhatikan gurunya dengan pandangan penghormatan. Hendaklah ia meyakini keahlian gurunya dibandingkanyang lain. Karena halitu akan mengantarkan seorang murid untuk mengambil manfaat yang banyak darinya dan lebih bisa membekas dalam hati terhadap apa yang ia ambil dari gurunya tersebut.”

semoga aartikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : islampos

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *