Renungan, Dunia Bukanlah Tempat Istirahat

2016-05-01_6-21-29

jika ingin merasa santai dan rileks, boleh saja dengan mengistirahatkan tubuh kita. Bisa dengan tidur, pijat refleksi, atau perawatan tubuh lainnya, karena memang tubuh kita memiliki hak yang harus ditunaikan.

Akan tetapi, sadarilah bahwa dunia ini sesungguhnya bukanlah tempat untuk beristirahat. Dunia ini justru merupakan tempat untuk beramal, menanam benih. Siapa yang menanam benih kebaikan, maka akan memanen kebaikan, siapa yang menana benih keburukan, akan menuai keburukan, dan siapa yang tidak menanam apa-apa, maka tidak akan memanen apapun.

Maka, penting bagi kita menanyakan setiap harinya, kebaikan apa sajakah yang sudah kita tanam selama hidup di dunia? Atau jangan-jangan masih tidak ada?

Itu sebabnya Allah menyuruh kita untuk mengerjakan banyak hal dalam mengisi waktu hidup di dunia ini:

“Dan katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mu’min akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.” (QS. At Taubah: 105)

Bahkan ketika satu urusan sudah selesai, Allah meminta kita untuk mengerjakan urusan lainnya dengan sungguh-sungguh:

“Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain.” (QS. Al Insyirah: 7)

satu hal yang perlubkita ingat adalah bahwa hidup di dunia ini tidaklah lama. Waktu berlalu sangat cepat.

Bahkan jika kita mengetahui, sesungguhnya hidup kita di dunia ini tidak sampai satu hari waktu akhirat, bahkan tidak juga sampai setengah hari. Mungkin hanya satu atau dua jam saja.

Allah berfirman, “Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di bumi?” Mereka menjawab: “Kami tinggal (di bumi) sehari atau setengah hari. Maka tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung.” Allah berfirman: “Kamu tidak tinggal (di bumi) melainkan sebentar saja, kalau kamu sesungguhnya mengetahui.” (QS. Al-Mu’minuun: 112-114)

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : ummi-online

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *