Niatkan Bekerja Untuk Ibadah

2016-10-28_7-41-16

Apa yang perlu kita lakukan agar bekerja tidak semata-mata untuk mendapat gaji saja melainkan juga bisa mendapatkan kebaikan yang melimpah di akhirat kelak? Setidaknya ada 3 hal yang perlu kita lakukan:

1. Memastikan pekerjaan yang kita lakukan halal secara syariat Islam

Penting sekali memastikan bahwa pekerjaan yang kita lakukan tidak melanggar syariat Islam, dan penghasilan yang kita peroleh halal. Ini merupakan syarat utama pekerjaan kita bisa dijadikan ladang amalan dan membuahkan pahala selain sebagai sumber nafkah keluarga.

2. Setiap hari, maknailah pekerjaan yang kita lakukan sebagai salah satu bentuk ibadah pada Allah

Apapun pekerjaan kita, ketahuilah bahwa pekerjaan itu sangat penting dijalankan dengan sungguh-sungguh. Jika Anda adalah seorang admin sosial media di sebuah perusahaan, maka ketahuilah bahwa setiap postingan yang Anda upload mungkin saja memberi inspirasi untuk orang lain, jika mereka melakukan kebaikan setelah terinspirasi dari postingan tersebut, maka Anda turut memperoleh pahala kebaikannya. Bukankah ini luar biasa?

“Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim no. 1893).

 

Maka, memaknai setiap pekerjaan yang kita lakukan adalah suatu keharusan yang perlu kita lakukan setiap hari, agar kita tidak merugi karena bekerja hanya untuk kepentingan duniawi.

3. Menginfakkan sebagian penghasilan yang kita peroleh

Satu hal lagi yang bisa menambah keuntungan dan benefit dahsyat di akhirat kelak adalah dengan memastikan penghasilan yang kita peroleh senantiasa kita keluarkan sebagiannya untuk infak bagi orang-orang di sekitar kita yang memerlukan bantuan.

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : ummi-online

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *