Berlindung Dari 5 Perkara

2016-03-19_7-26-51

1. Kebakhilan

Perkara pertama yang harus membuat kita berlindung adalah kebakhilan. Maksud dari kebakhilan ini adalah ketidaksediaan untuk membagi kelebihan yang dimiliki kepada orang lain, sekalipun orang tersebut sangat membutuhkannya. Orang bakhil ini lebih suka untuk menumpuk dan menimbun harta tersebut untuk dirinya sendiri.

2. Kelemahan Hati
Kedua, kita harus berlindung dari kelemahan hati. Maksudnya adalah berlindung dari sifat pengecut yakni tidak memiliki keberanian untuk melakukan segala sesuatu karena merasa takut. Bentuk paling ekstrimnya ada di medan jihad, ketika seseorang melarikan diri dan mencari keamanan bagi dirinya sendiri.

3. Usia yang Buruk
Perkara selanjutnya adalah usia yang buruk, maksud dari kata-kata tersebut yakni ketiadaan berkah. Usia yang tidak memiliki keberkahan yaitu usia yang tidak diisi dengan kebajikan dan amal kebaikan. Usia tersebut justru digunakan untuk melakukan perbuatan yang dilarang agama.

4. Fitnah Isi Hati
Selain usia yang buruk, ada lagi fitnah isi hati. Seperti perasaan dendam, dengki dan akhidah yang menyimpang.

Rasulullah ﷺ menegaskan bahwa kebaikan seluruh diri kita tergantung kebaikan hati. Oleh karena itu, mohonlah kepada Allah SWT agar senantiasa memperbaiki hati kita. Agar segala sesuatu yang kita lakukan sesuai dengan perintah-Nya dan tidak terjadi penyimpangan.

5. Siksa Kubur
Perkara terakhir yang harus membuat kita senantiasa berlindung yakni siksa kubur. Umar bin Khattab meminta kepada Allah agar dilindungi dari siksa kubur tersebut. Sebab siksaan ini bermula dari kecerobohan manusia dalam menjalan perintah-Nya ataupun menjauhi larangan-Nya.

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : islampos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *