Bahayanya Beragama Tanpa Ilmu

2016-10-17_6-09-09

Setiap orang harus mengetahui kewajiban-kewajibannya, maka menuntut ilmu tentang kewajiban hukumnya adalah fardhu ‘ain. Sebab, tanpa mengetahui ilmunya, maka tidak akan bisa melaksanakan kewajibannya dengan benar. Fudhail bin ‘Iyadh berkata: “Sesungguhnya amal yang dikerjakan dengan ikhlas tetapi tidak benar itu tidak akan diterima, begitu juga jika amal itu benar namun tidak ikhlas (juga tidak diterima). Ikhlas hendaklah amal itu hanya untuk Allah, dan benar hendaklah tegak berdasarkan sunnah. Amal yang tidak sesuai dengan sunnah, baik itu karena penyelewengan maupun karena kebodohan, maka tidak diterima. Sebab Nabi Shollallahu Alaihi Wa Sallam bersabda: “Barangsiapa mengerjakan suatu amal yang tidak ada perintah kami atasnya, maka amalnya itu tertolak.” (HR Muslim).

Orang yang mengamalkan Islam tanpa ilmu dan orang yang berilmu agama tetapi menyeleweng adalah dua golongan yang sangat merepotkan. Sulit diaturnya, dan menjadikan lelahnya orang yang mau meluruskannya. Sampai-sampai Ali bin Abi Thalib berkata: Patahlah punggungku gara-gara dua orang, yaitu orang berilmu yang menyeleweng dan orang bodoh yang rajin ibadah.

Pernyataan yang hampir sama dikemukakan oleh Ibnu Taimiyyah: “Kebodohan dan kezhaliman adalah pangkal dari segala keburukan.” Kebodohan itu saja sudah merupakan pangkal keburukan, apalagi justru kebanyakan manusia itu bodoh dalam hal agama. Maka benarlah firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang mengecam manusia yang melalaikan ilmu tentang Akhirat: “Janji Allah, yang Allah tidak akan menyelisihi janjiNya. Tetapi kebanyakan manusia tidak mengerti, mereka (hanya) mengetahui secara lahir (saja) dari kehidupan dunia, mereka lalai terhadap akherat.” (QS Ar-Ruum: 6-7).

Lebih jelas lagi bahwa mengetahui atau memahami ilmu agama itu sangat penting untuk terhindar dari kesesatan adalah sabda Nabi Shollallahu Alaihi Wa Sallam : “Barangsiapa yang Allah kehendaki padanya kebaikan maka Allah fahamkan dia dalam ilmu agama.” (HR Al-Bukhari).

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : dakwatuna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *