Menghormati Hak – Hak Tetangga

2016-04-04_6-44-10

sebagai makhluk sosial kita membutuhkan keberadaan orang lain di sekitar kita. Salah satunya tetangga. Hidup tentram dan damai dalam bertetangga tentu sangat diperlukan. Oleh karena itu, sangat penting memperhatikan hak-hak tetangga.

Rasulullah Saw bersabda, “Hak tetangga adalah bila sakit engkau kunjungi, bila wafat engkau antarkan jenazahnya, bila memerlukan kau pinjami, bila beraib engkau tutupi, bila beroleh kebaikan engkau ucapkan selamat kepadanya, dan bila dapati musibah datangi untuk menyampaikan duka cita. Janganlah meninggikan bangunan rumahmu melebihi bangunannya sehingga menutup kelancaran angin baginya, dan janganlah kamu mengganggunya dengan bau periuk masakan kecuali kamu ciduk sebagian untuk diberikan padanya.” (HR. Thabrani)

Sebagai seorang muslim tentu kita harus bisa memperhatikan hak-hak tetangga tersebut. Firman Allah,“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, kari -kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat maupun tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang sombong dan membanggakan diri.” (QS. An-Nisa: 36)

Rasulullah Saw bersabda, “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia berbuat baik kepada tetangganya.” (HR. Muslim)

Oleh karena itu sangat penting bagi kita bagaimana seharusnya memperlakukan tetangga sehingga terjalin hubungan kekeluargaan. Bukan saja karena tinggal dengan rumah berdekatan, akan tetapi rasa kebersamaan yang melekat. Sehingga kita merasakan arti dan maksud hidup sebagai makhluk sosial.

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : ummi-online

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *