Ibroh Teladan Tentang Kisah Nabi Ibrahim as

23

banyak kisah yang bisa kita teladani dari Nabi yang masuk dalam golongan ulul azmi itu. Berikut kami rangkung 3 teladan Nabi Ibrahim .

1.Selalu mencari kebenaran yang hakiki

Kita tentu sudah tak asing dengan kisah Nabi Ibrahim di masa kecilnya saat mencari Tuhan. Ibrahim kecil pada awalnya melihat keberadaan bintang-bintang di langit yang begitu indah dan ia mengaguminya. Dalam hatinya berkata bahwa inilah Tuhannya. Namun kemudian, Ibrahim melihat wujud bulan yang lebih besar dan bercahaya ketimbang bintang, maka Ibrahim pun berkata bahwa bulan inilah Tuhannya.

Namun, saat malam tiba dan matahari lenyap, lagi-lagi Ibrahim merasa kecewa. Tuhan tentu tidak bisa hilang dan lenyap. Ibrahim lantas menyadari bahwa bulan, bintang maupun matahari bukanlah Tuhan yang ia cari.

Dari kisah ini kita bisa mengambil teladan, bahwa betapa pentingnya untuk selalu mencari kebenaran, menambah ilmu pengetahuan dan juga wawasan. adalah penting untuk kita selalu berhati-hati dan berusaha mencari kebenaran dari setiap peristiwa yang penting untuk kita ketahui.

2. Kesabaran

Salah satu ujian kesabaran nabi Ibrahim adalah pada pernikahannya yang telah berlangsung selama puluhan tahun namun belum juga dikaruniai seorang anak. Namun Nabi Ibrahim tak pernah berputus asa memohon karunia kepada Allah swt, sebagaimana tercermin dalam doanya:

“Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku seorang anak yang termasuk orang-orang yang shaleh.” (QS As-Shaffat ayat 100).

3.Keikhlasan

Saat Nabi Ibrahim hendak menyembelih Ismail, Allah swt menggantikannya dengan seekor qibas (domba). Seisi bumi dan langit pun bertakbir memuji kebesaran Allah saat menyaksikan keikhlasan dan kesabaran kedua hamba Allah dalam menegakkan perintah-Nya.

Apa yang dapat kita ambil dari kisah ini adalah, kita harus ikhlas dalam menjalankan perintah Allah, seberapa pun sulitnya dan berat godaannya.
semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : islampos

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *