Bagaimana Jika Kita Tidak Mampu Bersedekah dengan Harta?

2016-03-11_7-55-47

Melihat betapa besar ganjaran bagi seseorang yang bersedekah, tentunya setiap dari kita ingin mengeluarkan sebagian harta kita untuk dipakai di jalan Allah. Namun bagaimana jika ternyata kita tidak mampu bersedekah dengan harta kita? Inilah jawaban Rasulullah SAW.

“Wajib atas setiap orang muslim untuk bersedekah. Dikatakan kepada beliau: Bagaimana bila ia tidak mampu? Beliau menjawab: Ia bekerja dengan kedua tangannya, sehingga ia menghasilkan kemanfaatan untuk dirinya sendiri dan juga bersedekah. Dikatakan lagi kepadanya: Bagaiman apabila ia tidak mampu? Beliau menjawab: ia membantu orang yang benar-benar dalam kesusahan. Dikatakan lagi kepada beliau: Bagaimana bila ia tidak mampu? Beliau menjawab: Ia memerintahkan dengan yang ma’ruf atau kebaikan. Penanya kembali berkata: Bagaimana bila ia tidak (mampu) melakukannya? Beliau menjawab: Ia menahan diri dari perbuatan buruk, maka sesungguhnya itu adalah sedekah,” (Riwayat Muslim).

Dari hadits di atas kita dapat menyimpulkan, bahwa sedekah tidak hanya sebatas mengeluarkan harta di jalan Allah. Ternyata cakupan sedekah lebih luas dari itu. Rasulullah bahkan menjelaskan, menahan dirinya kita dari perbuatan buruk pun adalah sedekah. Memerintahkan kebaikan pun adalah sedekah di mata Allah.

Maka jangan pernah bersedih bagi Anda yang merasa tidak memiliki banyak harta untuk disedekahkan di jalan Allah. Bukankah kita masih bisa berbicara? Kita bisa menggunakan lisan kita untuk berdzikir dan memerintahkan kebaikan kepada saudara kita. Sesungguhnya kita bisa menggunakan seluruh tubuh kita ini untuk bersedekah di jalan Allah. Wallahu’alam.[]

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : islampos

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *