Shalat Sunnah Rawatiblah Bisa Memperlancar terkabulnya doa

2016-04-05_6-33-23

setiap harinya mungkin ada di antara kita yang rutin melakukan shalat sunnah rawatib, shalat sunnah dhuha, shalat sunnah tahajud dan shalat sunnah yang lain. Apa sebenarnya keutamaan shalat sunnah yang kita kerjakan? simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Melengkapi kekurangan shalat wajib

shalat wajib yang kita kerjakan mungkin ada yang tidak sempurna. Misalnya ketika shalat kita tidak khusyu’, konsentrasi kita tepecah, memikirkan hal lain yang tidak semestinya kita pikirkan saat shalat. Nah, hal inilah yang menyebabkan shalat kita menjadi tidak sempurna.

Bayangkan jika setiap shalat kita tidak bisa khusyu’, berapa banyak shalat wajib yang tidak sempurna? maka, pentingnya kita melakukan shalat sunnah, sebagai penyempurna shalat wajib kita yang tidak sempurna.

Sebagaimana hadits berikut ini, dari Abu Hurairah ra, ia berkata, “Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّأَوَّلَمَايُحَاسَبُبِهِالْعَبْدُيَوْمَالْقِيَامَةِمِنْعَمَلِهِصَلاَتُهُ،فَإِنْصَلَحَتْفَقَدْأَفْلَحَوَأَنْجَحَ،وَإِنْفَسَدَتْفَقَدْخَـابَوَخَسِرَ،فَإِنِانْتَقَصَمِنْفَرِيْضَةٍشَيْئًا،قَـالَالرَّبُّتَبَـارَكَوَتَعَالَى: اُنْظُرُوْاهَلْلِعَبْدِيمِنْتَطَوُّعٍ،فَيُكَمَّلُبِهِمَاانْتَقَصَمِنَالْفَرِيْضَةِثُمَّيَكُوْنُسَائِرُعَمَلِهِعَلَىنَحْوِذَلِكَ.

“Sesungguhnya amalan yang pertama kali dihisab dari seorang hamba di hari kiamat adalah shalatnya. Jika shalatnya baik, maka beuntung dan selamatlah dia. namun, jika (shalatnya) rusak, maka merugi dan celakalah dia. Apabila dalam shalat wajibnya ada yang kurang, maka Tuhan Yang Mahacusi lagi Mahamulia berfirman, ” Lihatlah, apakah hamba-Ku ini memiliki amalan shalat-shalat sunnah, yang bisa dijadikan penyempurna untuk shalat wajibnya yang kurang tadi1″ Kemudian amalannya yang lain juga akan dihisab dengan cara seperti itu.” (Sunan At-Tirmidzi, no 413, Ahmad, no. 9494 dishahihkan oleh Al-Arnauth).

2. Memperlancar terkabulnya doa

Siapa yang tidak ingin doanya dikabulkan Allah? Ketika meminta langsung Allah berikan, ketika kita berharap, Allah jawab pengharapan kita. Ternyata dengan kita perbanyak shalat sunnah, maka akan memperlancar terkabulnya doa yang kita panjatkan.

Jika kita berharap masuk surga dengan mudah, maka perbanyaklah melakukan shalat sunnah. Inilah nasihat yang disampaikan Rasulullah kepada Rabi’ah bin Ka’ab Al-Islami salah seorang sahabat beliau.

Rabi’ah bin Ka’ab menuturkan, “Aku pernah menginap di rumah Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam. Aku menyediakan air wudhu buat beliau dan menyediakan keperluannya. Suatu ketika beliau berkata kepadaku, “Mintalah (apa keinginanmu)!” Aku berkata, “Saya hanya ingin menemani Anda di surga.”

Beliau melanjutkan, “Ada yang lain?”

“Tidak ada, hanya itu.” Jawabku.

Beliau bersabda, “Kalau begitu, bantulah aku mencapai tujuan itu dengan memperbanyak sujud.”

Syekh Abdullah bin Abdurrahman Al-Bassam menjelaskan bahawa yang dimaksud dengan sujud di sini adalah shalat, karena sujud adalah bagian terpenting dari shalat. Ini termasuk penyebutan sebagian tapi yang dimaksud adalah keseluruhan, demikian menurut kaidah balaghah. Shalat yang dimaksud adalah shalat sunnah, karena hanya shalat sunnah yang mungkin diperbanyak, sedangkan shalat wajib tidak dapat diperbanyak, karena kadarnya telah ditentukan. (Taudhih Al-Ahkam syarh Bulugh Al-Maram)

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : ummi-online

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *