Meningkatkan Kinerja Otak Dengan Menghafal Al-Qur’an

2016-03-18_8-30-40

Menghafal Al Quran atau lebih dikenal dengan istilah Tahfidz memiliki dua hal yang harus dipenuhi, yakni hafal dalam ingatan dan bisa mengucapkannya kembali di luar kepala tanpa membaca Al Quran atau catatan lain. Adapun manfaat menghafal Al Quran antara lain adalah:

  1. Melatih daya konsentrasi

Membaca dan menghafal Al-Quran terbukti dapat melatih daya konsentrasi. Saat mulai membaca Al-Quran dengan tajwij yang benar dan kemudian menghafalnya kata demi kata, maka sel-sel otak akan berkembang.

  1. Menstimulasi otak dan tingkat kecerdasan

Tak diragukan lagi, bahwa membaca dan menghafal  Al-Qur’an dapat menstimulai otak dan tingkat kecerdasan. Hal ini sesuai lagi dengan studi yang dilakukan oleh DR. Shaleh Bin Ibrahim Ashani, dosen dari Universitas Imam Muhammad Ibn Saud Riyadh.

Dalam penelitiannya beliau disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif antara kuantitas hafalan AL Quran dan tingkat kesehatan mental dan psikologis siswa. Semakin banyak hafalan Al Quran, maka siswa tersebut cenderung memiliki tingkat kesehatan mental dan prestasi akademis yang lebih baik dibanding mereka yang memiliki hafalan yang rendah.

  1. Memperlambat kepikunan

Saat otak terlatih dalam menambah dan menjaga Al-Qur’an,  maka insya Allah, hal ini akan memperlambat proses kepikunan karena otak senantiasa dalam kondisi belajar sehingga kondisi otak akan prima.

  1. Adanya keteraturan yang menumbuhkan kedisiplinan

Sebaiknya dalam menghafal Al-Quran memiliki guru yang membimbing. Secara berkala kita setorkan hafalan untuk disimak oleh sang guru sehingga dapat dikoreksi jika terdapat kesalahan. Dalam lembaga LTQ (Lembaga Tahfidz Quran), biasanya setoran seorang hafidzoh kepada sang guru adalah 1 atau 2 kali dalam sepekan. Dengan pola ini maka akan tumbuh kedisiplinan dalam diri untuk terus berlatih dalam menambah dan menjaga hafalan.

Membaca dan menghafalkan Al-Quran juga akan memberikan ketenangan hati dan insya Allah dapat memberikan pertolongan atau syafaat di hari kiamat.

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahara

referensi : ummi-online

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *