Jangan Bersedih, Allah SWT Selalu Besama Hambanya

2016-05-17_6-18-34

Semua orang pasti pernah merasakan perasaan sedih, takut, merasa hidup dengan diliputi beban yang berat. Setiap ujian yang kita coba lalui terasa begitu menghimpit dan menyesakkan dada. Ruang gerak kita seakan dibatasi oleh dinding-dinding tebal yang menjulang.

Berhusnuzhanlah (berbaik sangkalah) pada Allah karena setiap ujian dan masalah yang datang hakikatnya adalah bukti bahwa kita masih hidup dan diberi kesempatan untuk memperbaiki diri serta menuntut kita untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas amal kita.

Allah SWT berfirman dalam al-Qur’an:

أَحَسِبَ النَّاسُ أَنْ يُتْرَكُوْا أَنْ يَقُوْلُوْا آمَنَّا وَهُمْ لاَ يُفْتَنُوْنَ؟

Apakah manusia bisa mengira dirinya dibiarkan begitu saja mengatakan, “Kami telah beriman.” Sementara mereka tidak diuji?” [Q.s. al-Ankabut: 2]

Maka, tak ada seorang pun, baik manusia biasa maupun utusan Allah, yang menyatakan beriman, kecuali pasti melalui ujian. Ujian yang membuktikan kebenaran imannya. Ujian yang mengangkat derajatnya. Ujian yang membuktikan cinta-Nya kepada kekasih-Nya.

Bukan hanya kita yang tengah ditempa ujian, bahkan Nabi pun demikian. Harta, raga dan jiwanya pun telah mereka pertaruhkan.
Nabi bersabda:

إِنَّ عِظَمَ الْجَزَاءِ مَعَ عِظَمِ الْبَلاَءِ وَإِنَّ اللَّهَ إِذَا أَحَبَّ قَوْمًا ابْتَلاَهُمْ فَمَنْ رَضِىَ فَلَهُ الرِّضَا وَمَنْ سَخِطَ فَلَهُ السَّخَطُ

Sesungguhnya pahala yang besar itu menjadi balasan bagi ujian yang berat. Sungguh, jika Allah mencintai suatu kaum, Dia akan menimpakan ujian untuk mereka. Siapa saja yang ridha, maka dia akan mendapatkan ridha Allah. Siapa yang tidak ridha, maka dia pun berhak mendapatkan murka-Nya.” [H.r. Ibn Majah, Sunan Ibn Majah, no. 4031].

Karenanya kita harus tetap berbaik sangka kepada Allah SWT. Karena persangkaan kita itulah yang juga akan menjadi “persangkaan” Allah kepada kita.

Aku mengikuti persangkaan hamba-Ku kepada-Ku.” [Hr. Bukhari-Muslim].

Yakinlah bahwa ujian demi ujian itu adalah tanda cinta-Nya kepada kita.

Yakinlah semakin banyak dan semakin berat ujian yang kita terima, pertanda semakin kita diperhatikan oleh Sang Pemberi Ujian.

Maka hendaklah kita berdoa pada Al ‘Aziiz agar setiap ujian yang dianugerahkanNya mampu kita lewati dengan indah dan penuh senyuman sehingga bisa meninggikan derajat kita di hadapan Allah yang menggenggam segala sesuatu… Aamiin…

Jangan takut dan jangan bersedih karena sesungguhnya Allah bersama kita.

semoga artkel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : muslimahzone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *