Dahulukan Do’a Sebelum Ikhtiar

2016-05-28_5-41-40

Alloh Swt. berfirman, Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. (QS. Al Mu’min [40] : 60)

Segala apa yang ada di alam semesta ini adalah ciptaan Alloh dan hanya milik Alloh. Maka, setiap kali hendak memulai sesuatu, awalilah dengan doa. Kenapa? Karena semuanya adalah milik Alloh, bahkan diri kita sendiri pun adalah milik-Nya. Sekarang kita hendak bekerja demi mendapatkan rezeki untuk menghidupi diri dan keluarga kita. Maka, awali dengan doa, meminta kepada Dzat Yang Maha Memiliki lagi Maha Kaya, mintalah agar diberikan kekuatan, kesehatan dan kemudahan menjemput rezeki-Nya.

Atau, bagi seseorang yang belum menikah dan hendak berusaha menemukan jodoh, maka awalilah dengan meminta kepada Alloh. Karena yang menciptakan dan memiliki manusia adalah Alloh.

Kita bekerja agar mendapatkan rezeki, sedangkan kita tidak tahu rezeki kita di mana dan kita tidak berdoa kepada Alloh agar dimudahkan jalan dipertemukan dengan rezeki, maka sombong benar kita ini. Sudah jelas rezeki adalah milik Alloh dan dari Alloh, sudah jelas kita tidak tahu rezeki kita ada di mana tapi lalai untuk berdoa kepada Alloh memohon pertolongan-Nya.

Saudaraku, berdoa adalah ibadah kita kepada Alloh Swt. Dalam doa yang kita panjatkan terkandung pengakuan bahwa hanya Alloh yang menjadi sumber segalanya, sedangkan makhluk hanyalah jalan, perantara dan penerima saja. Dalam doa juga terkandung rasa berserah diri dan bersandar kepada Alloh, tiada yang kuasa menghendaki sesuatu terjadi atau tidak terjadi kecuali hanya Alloh.

Marilah kita senantiasa mendahulukan doa dalam setiap ikhtiar kita. Semoga Alloh membimbing kita dan memudahkan setiap urusan kita.

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : smstauhiid

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *