Tips Agar Tepat Waktu Saat Mengerjakan Shalat

2016-04-05_6-25-28

Meski tidak saling berhubungan, shalat dan pekerjaan yang dilaksanakan di awal waktu membuat seseorang cenderung memiliki pembawaan yang lebih tenang. seseorang yang disiplin dengan melaksanakan shalat di awal waktu, setelahnya Ia akan berpikir jernih dalam menyelesaikan pekerjaan, tak merasa takut kehabisan waktu.

Berikut tips agar sholat tepat waktu

1. Hindari kebiasaan menunda. Sebab semua masalah sebenarnya bisa diatasi asal diiringi kemauan untuk menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan,

2. Lakukan pekerjaan-pekerjaan yang ringan terlebih dahulu, dan cobalah selesaikan hingga akhir.

3. Lakukan pekerjaan yang membuat senang terlebih dahulu. Mulailah dari yang sederhana. Demikian juga dengan kebiasaan melakukan penghafalan surat pendek dan bacaan lain yang singkat lalu menuju ke bacaan yang panjang.

4. Jika pekerjaan yang ringan dan mudah mampu terlampaui sempurna dan tepat waktu maka tantanglah diri kita untuk melampaui target pekerjaan yang lebih sulit. Menantang diri untuk melakukan shalat selain yang wajib (sunnah) pun termasuk bagian ini. akan merasakan sebuah sensasi “bahagia” jika bisa melewati ketentuan yang dibuat oleh diri sendiri.

Ibnu ‘Umar menyebutkan bahwa Nabi saw bersabda: “Allah memberi rahmat bagi orang yang shalat empat rakaat sebelum ashar.”

5. Singkirkan benda-benda yang bisa mengalihkan perhatian kita dari pekerjaan dan kelalaian kita dalam melaksanakan shalat. Jika pikiran kita teralihkan oleh sesuatu hingga kita tidak melaksanakan kewajiban kita pada Allah, maka kita harus mulai merenung. Apakah pekerjaan tersebut tergolong haram? Seperti halnya meminum khamr dan berjudi yang diharamkan karena menghalangi kita dalam mengingat Allah? Wallahu’alam.

6. Jika ada rasa khawatir terhadap hasil pekerjaan kita maka upayakan menyelesaikan pekerjaan lebih awal. Meski kurang sempurna, selesai lebih awal membuat kita  menjadi tenang, punya waktu untuk mengoreksi dan bisa menyelesaikan pekerjaan lainnya.

“Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan.” (QS. Huud:15)

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : ummi-online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *