Tips Menjaga Semangat Ramadhan Ke Bulan-Bulan Berikutnya

2016-04-05_6-17-55

Dibawah ini adalah tips agar kita dapat menjadikan bulan-bulan berikutnya seperti Ramadhan. :

1. Tetap miliki targetan amalan yang rutin dilakukan.

Mungkin kita tidak mampu membaca Alquran seperti sebanyak di bulan Ramadhan. Namun, alangkah baiknya jika kita tetap memiliki targetan rutin setiap harinya. Agar hari-hari kita pun senantiasa diwarnaidengan kegiatan yang positif.

2. Ketahui keutamaan setiap amalan yang kita lakukan.

Kita akan lebih bersemangat melakukan suatu amalan saat kita mengetahui apa keutamaan dari amalan tersebut. Sehingga mengetahui keutamaan suatu amalan adalah faktor yang dapat meningkatkan motivasi dalam beramal.

3. Niatkan melakukan amalan untuk mendekatkan diri pada Allah.

Saat niat kita hanya untuk mencari ridha Allah, maka amalan yang kita lakukan insya Allah akan langgeng dan istiqomah. Karena kita tidak peduli apakah amal kita dilihat atau tidak oleh manusia. Yang kita utamakan adalah pandangan Allah semata.

4. Miliki teman atau partner yang dapat saling mengingatkan dan menyemangati kita.

Terkadang kita mengalami naik turun motivasi dalam melakukan sebuah amal. Disaat kita sedsng mengalami penurunan motivasi, disitulah peran partner atau teman untuk mengingatkan, menyemangati dan menguatkan langkah kita.

“Sesungguhnya manusia dalam keadaan merugi. Kecuali orang-orang yang beriman dan berbuat kebaikan, dan saling menasihati untuk kebenaran, dan saling menasihati untuk kesabaran.” (Al Ashr : 2-3)

5. Sering bergabung dalam majelis ilmu.

Agar kita senantiasa berada dalam lingkungan yang kondusif untuk melakukan setiap amal kebaikan.

“Apabila kalian berjalan melewati taman-taman Surga, perbanyaklah berdzikir.” Para Sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah yang dimaksud taman-taman Surga itu?” Beliau menjawab, “Yaitu halaqah-halaqah dzikir (majelis ilmu).” (HR. Tirmidzi).

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : ummi-online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *