Pokok pangkal dalam hidup ini adalah mengandalkan Allah SWT

2016-03-17_10-00-23

Pokok pangkal dalam hidup ini adalah mengandalkan Alloh dalam segala keadaan. Karena yang menentukan segala-galanya hanyalah Alloh. Tidak ada satupun kejadian sekecil apapun yang bisa terjadi kecuali atas izin Alloh. Jika Alloh mengizinkan sesuatu terjadi, maka terjadilah. Sedangkan jika Alloh tidak menghendaki sesuatu terjadi, maka pasti tidak akan terjadi.

Alloh Swt. berfirman, “Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: “Jadilah!” Maka terjadilah ia.” (QS. Yaasin [36] : 82)

Ada orang yang sudah lama mendambakan bisa sholat, bersujud kepada Alloh di hadapan Ka’bah. Namun, ia sama sekali belum memiliki biaya untuk berangkat. Suatu ketika ia mengikuti acara gerak jalan dan tabligh akbar yang menyediakan hadiah untuk beberapa orang. Tiba-tiba pada pengumuman pemenang, nama orang itu disebutkan sebagai pemenang hadiah umroh. Maasyaa Alloh. Kejadian seperti ini sudah banyak terjadi.

Apa yang pada penilaian manusia tidak mungkin terjadi, sesungguhnya bagi Alloh tiada yang mustahil. Jika Alloh berkehendak maka pasti terjadi. Maka dari itu, setiap kali hendak mengerjakan sesuatu, ketika mengerjakan dan setelah mengerjakannya, jangan pernah terlepas dari Alloh Swt. Keberhasilan, kesuksesan, hanya tercapai atas izin Alloh. Usaha manusia hanyalah bentuk amal sholeh kepada-Nya.

Nikmat tidak akan datang tanpa izin Alloh, begitu juga musibah tidak akan datang tanpa izin Alloh. Namun, satu hal yang pasti, bahwa setiap ketentuan Alloh pasti baik. Meskipun ketentuan itu nampak tidak enak menurut manusia, namun pasti jika manusia sudah menafakuri dengan akal pikiran yang jernih ia akan menemukan hikmah besar di balik ketentuan itu. Dan, hanya orang-orang yang beriman kepada Alloh yang bisa merasakan kebaikan dari setiap ketentuan-Nya. Semoga kita termasuk orang-orang yang istiqomah dalam keimanan kepada Alloh Swt.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : smstauhiid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *