Mati Itu Kepastian

2016-05-01_6-21-29

Alloh Swt. berfirman, Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.” (QS. Ali ‘Imron [3] : 185)

Saudaraku, kematian itu pasti terjadi. Setiap orang pasti akan mengalami mati yang waktu, tempat dan caranya adalah rahasia Alloh Swt. Manusia lahir memang berurutan, namun manusia mati tidak berurutan. Ada kalanya yang usianya masih muda bahkan masih bayi meninggal dunia lebih dahulu daripada yang sudah tua. Ada kalanya yang sehat bugar tiba-tiba meninggal dunia, padahal di tempat yang lain ada yang sudah sakit-sakitan tapi sehat kembali dan panjang usia. Maasyaa Alloh, kematian adalah rahasia Alloh.

Jika kita tafakuri dari kematian ini maka kita bisa menyadari bahwa kehidupan kita di dunia ini sangatlah terbatas. Dibatasi oleh kematian yang kedatangannya bisa sangat tiba-tiba atas kehendak Alloh Swt. Dan, jika kita mati maka tidak ada satupun sekecil apapun yang bisa kita bawa dari dunia ini. Keluarga kita, harta kekayaan kita, semua akan ditinggalkan. Yang kita bawa tiada lain hanyalah catatan amal perbuatan kita.

Oleh karena itu, hidup kita yang serba terbatas dan sangat singkat ini adalah hanya untuk beramal sholeh. Sungguh merugilah kita jika sudah hidup sangat singkat di dunia hanya diisi dengan kemaksiatan dan kesia-siaan. Dan, semakin rugi jikalau kita mati dalam keadaan suul khotimah. Semoga Alloh Swt. senantiasa membimbing kita dengan hidayah-Nya, sehingga kita tergolong orang-orang yang beruntung dengan husnul khotimah.

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : smstauhiid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *