Hati Yang Sempit Tidak Akan Bisa Menerima Ilmu

2016-04-01_5-56-41

mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang terampil mengambil hikmah dari setiap kejadian, baik yang kita alami atau yang kita lihat atau yang kita dengar atau yang kita rasakan. Karena sesungguhnya tidak ada satupun kejadian, sekecil apapun, di dunia ini melainkan terjadi atas izin Alloh Swt. Dan, tiada satupun kejadian melainkan terdapat ilmu di dalamnya untuk kita jadikan pelajaran supaya kita bisa menjadi semakin baik dari hari ke hari.

Orang yang rugi adalah orang yang terus-menerus berada dalam ketidaktahuan, dalam kebodohan, padahal cahaya ilmu begitu terang-benderang. Seseorang tidak berubah menjadi lebih baik bukan karena kurangnya petunjuk dari Alloh, melainkan karena ia tidak mau menangkap petunjuk itu. Kita ini bagaikan sebuah rumah yang semua jendelanya tertutup dengan tirai, padahal di luar sana sinar matahari terang-benderang menyinari bumi. Kita tetap berada dalam kegelapan bukan karena tidak ada cahaya, melainkan karena kita tidak mau menyingkap dan membuka tirai dan jendela kita. Maasyaa Alloh!

Demikian juga dengan hati kita. Jika hati kita diliputi kegelapan, bukan berarti petunjuk Alloh tidak ada. Hati kita gelap karena kita tidak mau meraih petunjuk Alloh yang begitu berlimpah di sekeliling kita. Petunjuk Alloh itu ada dalam setiap kejadian, sekecil apapun, di sekitar kita. Kita bisa mendapat hikmah dan petunjuk Alloh jikalau kita mau membuka hati, menerima nasehat dan kebaikan kemudian bersungguh-sungguh padanya.

Jika hati kita penuh dengan ilmu, penuh dengan pelajaran yang mengantarkan pada keyakinan kepada Alloh, maka niscaya hidup kita akan selamat dunia dan akhirat. Karena Rasulullah Saw. bersabda, “Ketahuilah, sesungguhnya dalam tubuh manusia ada segumpal daging, jika segumpal daging itu baik, maka akan baik seluruh tubuh manusia, dan jika segumpal daging itu buruk, maka akan buruk seluruh tubuh manusia, ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah hati manusia.” (HR. Bukhori dan Muslim).

semoga artijel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : smstauhiid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *