Amalan-amalan yang Memiliki Pahala Dibangunkan Rumah di Surga

Amalan-amalan yang Memiliki Pahala Dibangunkan Rumah di SurgaRumah merupakan salah satu kebutuhan pokok yang dibutuhkan di dunia ini. Rumah merupakan tempat untuk berlindung dari panas dan hujan ataupun dari badai angin bahkan dari ancaman binatang buas. Selain itu rumah juga menjadi salah satu tempat untuk membina keluarga.

Lebih dari itu bahkan rumah menjadi salah satu simbol kemakmuran penghuninya.

Oleh karena itulah banyak orang yang banyak orang yang berlomba-lomba untuk membuat rumah dengan sebagus mungkin. Ya, inilah kondisi peradapan modern saat ini, mereka semua berusaha dengan susah payah untuk membangun rumah di dunia dengan menukar harta, pikiran waktu mereka hanya untuk mengejar dunia yang sementara. Lalu bagaimana dengan kehidupan kelak di akhirat? Apakah sudah mempersiapkan tempat tinggal di sana, atau malah tidak terpikirkan sama sekali.

Tempat kembali manusia di akhirat kelak ada 2 yaitu neraka dan surga. Lalu tempat manakah yang akan kamu pilih? Tentunya semua orang ingin tinggal di surga. Maukah kamu memiliki tempat di surga dari sekarang? Berikut adalah amalan-amalan yang bila diamalkan dengan ikhlas akan membawa ke dalam surga.

1. Iman Kepada Allah dan RasulNya
Ganjaran bagi orang yang beriman kepada Allah dan RosulNya kemudia mau berjihad di jalan Allah maka mendapatkan jaminan surga. Hal ini sesuai dengan firman Allah pada surat Ash-Shaf.

“Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih? (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan RasulNya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di dalam jannah ‘Adn. Itulah keberuntungan yang besar.” (QS ash-Shaf : 10-12).

2. Bertakwa kepada Allah
Banyak sekali hadist dan juga ayat-ayat Al Qur’an yang menyebutkan ganjaran bagi orang yang bertakwa adalah surga. Lalu apa yang dimaksud dengan takwa? Secara sederhananya orang akan digolongkan menjadi orang yang bertakwa jika melaksanakan apa yang telah diperintahkan dan menjauhi segala apa yang dilarang oleh Allah dan RosulNya. Jaminan surga bagi orang yang bertakwa salah satunya terdapat pada surat Az-Zumar.

“Tetapi orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya mereka mendapat tempat-tempat yang tinggi, di atasnya dibangun pula tempat-tempat yang Tinggi yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Allah telah berjanji dengan sebenar-benarnya. Allah tidak akan memungkiri janji-Nya.” (QS az-Zumar : 20).

3. Ke Masjid Waktu Subuh dan Malam Hari untuk Beribadah
Ibadah malam memang memiliki nilai tersendiri. Oleh karena itu orang yang memiliki ilmu tentang agama tidak akan melewatkan ibadah yang satu ini. Karena salah satu hadiah yang telah Allah siapkan bagi orang yang mau beribadah dimalam hari dan sholat berjamaah subuh di masjid adalah surga. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Siapa yang ke masjid waktu subuh atau malam hari, maka Allah menyiapkan baginya tempat tinggal di surga setiap kali ia berangkat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Sabar atas Kematian Anaknya
Kematian memang selalu menyisakan kesedihan bagi yang ditinggalkan. Tetapi sebagai orang yang beriman tentu harus menyikapi kematian tersebut dengan bijak serta mengikhlaskan semua kepada Allah.

“Apabila wafat anak seorang hamba (manusia), maka Allah berkata pada malaikat-Nya: Kalian telah mengambil nyawa anak hamba-Ku? Mereka menjawab : “Benar.” Allah berfirman lagi: “Kalian telah mencabut nyawa buah hatinya?” Maka malaikatpun menjawab: “Benar.” Lalu Allah berkata: “Apa yang dikatakan hamba-Ku itu?” Mereka menjawab: “Dia memuji-Mu dan mengucapkan: ‘Innalillahi wa inna ialihi raji’un’.” Maka Allah berfirman: “Bangunkan bagi hamba-Ku itu rumah di surga dan beri nama rumah itu dengan “Baitul Hamdi (Rumah Pujian).” (HR. At-Tirmizi dan dishahihkan al-Albani dalam Silsilah Ahadis Shahihah, no. 1408)

5. Shalat Dhuha 4 Rakaat dan 4 Rakaat Sebelum Zuhur
Bila kamu ingin dibangunkan rumah di surga maka rutinkanlah melakukan amalan sholat dhuha dan juga sholat sunnah sebelum dzuhur.

“Siapa yang shalat dhuha empat rakaat dan empat rakaat sebelum shalat pertama (shalat zuhur), maka dibangunkan baginya rumah di surga.” (HR ath-Thabrani dalam al-Ausath dan dishahihkan al-Albani dalam Silsilah Ahaadits Shahihah no. 2349).

6. Shalat Sunah Rawatib Sebanyak 12 Rakaat Setiap Hari
Shalat Sunah Rawatib Sebanyak 12 Rakaat Setiap HariTerkadang sebagian orang menganggap remeh ibadah sunah, padahal ibadah sunah memiliki fadilah yang luar biasa. Salah satu ibadah sunah tersebut adalah melakukan sholat rawatib. Bila kamu rutin melakukan ibadah ini akan mendapatkan ganjaran surga, seperti yang ada di dalam hadist berikut.

“Siapa yang selalu shalat 12 rakaat setiap hari dan malam, maka dibangunkan baginya rumah di surga. yakni empat rakaat sebelum shalat zuhur dan dua rakaat setelahnya, 2 rakaat setelah shalat maghrib, 2 rakaat setelah shalat isya dan dua rakaat sebelum shalat subuh.” (HR an-nasaa’i dan dishahihkan al-Albani dalam Shahih al-Jaami’ no. 6183)

Sekian Rumah Kurma Sahara Infokan mengenai Amalan-amalan yang Memiliki Pahala Dibangunkan Rumah di Surga Ayo kita lakukan amalan tersebut ya. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *