6 Kriteria Calon Istri Menurut Al-Quran

6 Kriteria Calon Istri Menurut Al-Quran

Semua lelaki pasti ingin memiliki istri sholehah, istri sholehah diidentikan dengan sempurna di segala hal. Islam merupakan agama yang sempurna. Segala kehidupan manusia di dunia dan akhirat ada panduanya. Semua panduan tertulis lengkap di Al-Quran serta Hadist.
Dalam memilih istri pun demikian, dalam  Al-Quran surat At-Tahrim ayat 5 dijelaskan kriteria-kriteria istri yang baik bagi seorang muslim. Berikut kriteria-kriterianya.

1. Muslimah
Kriteria yang pertama adalah muslimah. Muslimah adalah perempuan yang berserah diri kepada Allah tunduk patuh atas perintah-Nya

(Ingatlah) ketika Tuhan berfirman kepadanya (Ibrahim), “Aslamtu, berserah dirilah”. Dia (Ibrahim) menjawab, “Aku berserah diri kepada Tuhan Seluruh Alam)”

2. Mukminah
Maksud dari mukminah adalah wanita yang tetap menjaga keimananya agar tidak hilang, tidak menurun atau tidak lekang oleh waktu.

3. Qonitah
Maksud dari qonitah adalah perempuan yang sangat taat kepada Allah.

Dalam ayat ke-12 surat At-Tahrim dijelaskan, ” dan Maryam putri Imron yang memelihara kehormatannya, maka kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari ruh ciptaan kami, dan dia membenarkan kalimat-kalimat Tuhannya dan kitab-kitab-Nya, wa kaanats minal qonitiin, dan dia termasuk perempuan yang taat”.

4. Taaibah
Kriteria yang keempat adalah taaibah, taaibah artinya selalu bertaubat.

Hal ini didasari dari ayat ke-8 surat At-Tahrim: “Wahai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuha, taubat yang sungguh-sungguh.”

5. ‘Aabidah
Kriteria selanjutnya adalah perempuan yang suka beribadah, shalat wajib tepat waktu dan sholat sunnah tak pernah ditinggalkan.

6. Saaikhah
Saaikhah maksudnya adalah perempuan yang suka berpuasa. Ia tidak pernah meninggalkan puasa ramadhan dan puasa sunnah pun tidak pernah ditinggal.

Sudah ada 6 kriteria yang disebutkan dalam surat At-Tahrim. Para perempuan islam tak perlu minder, ikutilah kriteria-kriteria tersebut sambil terus memperbaiki diri menjadi wanita shalehah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *